This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Wednesday,November 26 2014

Movement

Susunan Direksi Manulife Aset Manajemen Indonesia Bertambah

June 29 2012 | By Rina Hutajulu
Manulife Aset Manajemen Indonesia

PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) hari ini mengumumkan penunjukan Alvin Pattisahusiwa untuk duduk dalam Direksi MAMI sebagai  Direktur Investasi efektif 25 Juni 2012. Dengan perubahan yang telah disetujui oleh pemegang saham MAMI dan juga oleh Bapepam-LK ini, susunan Direksi MAMI menjadi sebagai berikut: Legowo Kusumonegoro selaku Presiden Direktur, dan Iman Rochmani, Putut Endro Andanawarih, serta Alvin Pattisahusiwa selaku Direktur perusahaan.

Alvin saat ini mengawasi pengelolaan dana investor MAMI sekitar Rp 39 triliun, memimpin tim yang beranggotakan 14 profesional di bidang investasi efek saham maupun efek pendapatan tetap. Alvin sebagai Direktur Investasi menetapkan dua target untuk MAMI. Target pertama adalah agar MAMI mampu menyediakan beragam produk investasi yang inovatif, yang dapat memenuhi berbagai tujuan investasi para investor. Kedua, agar produk-produk MAMI memiliki kinerja yang baik dan konsisten sebagai hasil penerapan proses investasi yang disiplin dan didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas tinggi, kompeten, berpengalaman, dan professional.

Legowo menambahkan bahwa inovasi sangat penting untuk tetap dapat mempertahankan posisi MAMI sebagai salah satu pemimpin di pasar reksa dana. “Potensi pasar untuk produk reksa dana masih sangat luas di Indonesia, sementara kita menghadapi keterbukaan pasar ASEAN pada tahun 2015 nanti.  Artinya, pada saat yang sama, persaingan akan berlangsung secara lebih ketat, tidak hanya antar perusahaan-perusahaan manajer investasi lokal saja, tetapi juga dari sembilan negara anggota ASEAN lainnya.  Kami melihat bahwa inovasi merupakan faktor penting untuk tetap dapat mempertahankan posisi kami sebagai salah satu pemimpin di industri ini,” ujar Legowo.

Bercerita mengenai pandangannya tentang pasar Indonesia, Alvin mengatakan, “Cerita untuk Indonesia, sebagaimana  emerging country yang lain adalah cerita mengenai pertumbuhan. Dengan populasi 240 juta orang, pertumbuhan kelas menengah sebesar 65% dalam 9 tahun terakhir dan terus bertumbuh, serta situasi demografi yang menguntungkan dengan rata-rata usia dibawah 30 tahun sebagai pasar yang potensial untuk perusahaan dapat menghasilkan laba yang tinggi.”

Alvin bergabung dengan MAMI pada awal Februari 2012 sebagai Chief Investment Officer.  Ia telah memiliki pengalaman selama lebih dari 15 tahun di industri manajemen investasi dan produk-produk kelolaannya telah memenangkan 14 penghargaan.

Sekadar mengingatkan dua tahun lalu Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) pernah mensuspensi penjualan produk reksa dana MAMI. Tindakan ini terpaksa dilakukan menyusul pengunduran diri dua dari tiga direktur MAMI, yakni Direktur Utama Denny Rizal Thaher dan Direktur Li Ming Suryaputra. Sebab berdasarkan Undang-Undang No.40/2007 tentang Perseroan Terbatas disyaratkan bahwa Manajer Investasi (MI) harus memiliki dua direksi. Sedangkan peraturan Bapepam LK Nomor V.A.1 tentang Perizinan Perusahaan Efek menyebutkan bahwa salah satu direksi harus bersertifikat wakil MI.

Rina Hutajulu

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

Be a yardstick of quality. Some people aren't used to an environment where excellence is expected.

-Steve Jobs-