This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Sunday,November 23 2014

Maneuver

[Road to MarkPlus Conference] Inovasi Proses Bisnis

November 28 2012 | By Darus Salam
Wawancara eksklusif Marketeers - Vebbyna Kaunang, Direktur Marketing Coca Cola


Proses bisnis memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan. Rangkaian proses usaha yang baik dapat membantu perusahaan dalam mengembangkan diri sekaligus meningkatkan efisiensi yang didapatkan. Lantas bagaimanakah penerapan process business yang baik dalam sebuah perusahaan? Berikut wawancara ekslusif The Marketeers dengan Vebbyna Kaunang, Direktur Marketing Coca-Cola.

Marketeers:

“Mengenai topik yang yang akan Ibu sampaikan dalam MarkPlus Conference, mengapa inovasi dalam proses bisnis penting untuk dilakukan?”

Vebbyna Kaunang:

“Proses bisnis bukan sekedar langkah standar dalam sebuah perusahaan, namun menjadi poin penting yang menentukan kinerja operasional perusahaan. Tidak hanya secara internal, proses bisnis yang dilakukan perusahaan juga akan mempengaruhi bagaimana perusahaan memberikan pelayanan kepada konsumen.”

Marketeers:

“Langkah inovasi seperti apa yang semestinya dilakukan oleh sebuah perusahaan?”

Vebbyna Kaunang:

“Proses bisnis terjadi dalam setiap lini operasi dan dalam setiap fungsi dalam perusahaan. Inovasi dalam proses bisnis tidak harus selalu besar. Inovasi dalam hal-hal kecil namun memiliki impact yang besar juga penting dilakukan, misalnya birokrasi perusahaan yang dibuat menjadi lebih simpel. Langkah-langkah yang panjang harus dibuat pendek. Selain itu, kita juga harus dapat memberikan apa yang dijanjikan kepada konsumen dengan tepat waktu. Secara internal, inovasi proses bisnis meningkatkan efektifitas dan efisiensi perusahaan, sedangkan secara eksternal dapat mengoptimalkan kepuasan pelanggan. Dengan demikian, loyalitas terhadap perusahaan juga dapat dibangun dengan baik.”

Marketeers:

“Apa kunci sukses penerapan inovasi dalam proses bisnis?”

Vebbyna Kaunang:

“Pertama, kita harus selalu melihat kembali proses bisnis yang ada. Jadi jangan pernah puas. Mungkin proses yang ada sekarang sudah baik, tapi bisa jadi tidak dimasa depan. Hal lain yang juga penting adalah dapatkan input dari konsumen itu sendiri, sebetulnya apa yang mereka inginkan. Untuk beberapa hal, seperti yang dilakukan oleh Coca Cola Amatil Indonesia, kita juga berhubungan dengan pihak-pihak di belakang layar seperti para supplier dan partner. Mungkin peningkatan tidak didapatkan dalam satu hari, tapi kita sudah harus punya rencananya, baik dalam jangka pendek atau jangka panjang.”

Selanjutnya, penjelasan detail mengenai inovasi proses bisnis ini dapat disaksikan dalam MarkPlus Conference, 13 Desember 2012, di The Ritz-Carlton Pacific Place, Jakarta.

 

Darus Salam

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

Kekayaan alam, sumber daya manusia, dan kepulauan menjadi positioning yang baik bagi Indonesia untuk menjadi negara berorientasi ekspor

-Emeritus Professor Lim Chong Yah, Nanyang Technological University-