This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Friday,December 19 2014

Marketeers & The City

Ridho Ferman Shatrio: Mulailah Bisnis Sejak Masih Kuliah

April 25 2013 | By Marketeers
Banyak bisnis startup yang dirintis oleh anak muda yang masih di bangku kuliah. Salah satunya adalah Ridho Ferman Shatrio, yang mendirikan CV Bibit Jaya Lestari di tahun 2011. Usahanya ini bergerak di bidang pembibitan tanaman kehutanan, pertanian, dan perkebunan.

Bagaimana latar belakang bisnis yang baru ia rintis? Berikut percakapan tertulis Marketeers dengan Ridho, mahasiswa Semester 6 Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi di Universitas Bung Hatta, yang mengikuti Marketeers Youth Startup Icon 2013 di kota audisi Padang.

Ceritakan sedikit tentang latar belakang bisnis yang baru Anda rintis dan pencapaian yang sudah didapati selama ini?

Usaha ini didirikan pada bulan januari 2011. Ketika itu saya diajak saudara untuk mengunjungi perkebunannya. Saya melihat usahanya sangat menyenangkan, suasana dan lingkungan kerjanya  nyaman.

Saya juga melihat peluang bisnis untuk masuk ke  berbagai instansi pemerintahan dan perusahaan swasta yang ingin menghijaukan kembali hutan Indonesia. Saat ini pemerintah juga mencanangkan program satu pohon untuk satu rumah. Sebagaimana yang kita tahu, hutan kita sudah mulai berkurang akibat kebakaran dan penebangan hutan secara liar.

Dalam hal pencapaian, saat ini kami telah memiliki pelanggan antara lain perusahaan kontraktor yg bergerak di bidang kehutanan, beberapa yayasan CSR, dan perusahaan perkebunan. Saat ini kami juga memiliki bibit karet unggul yang bersertifikat. Pemasaran yang kami lakukan masih jemput bola yaitu menawarkannya secara langsung kepada konsumen.

Apa yang telah Anda lakukan dalam mengangkat perekonomian daerah  Anda?

Usaha yang saya dirikan ini adalah usaha padat karya karena di sini kami banyak menggunakan tenaga kerja untuk melakukan pembibitan.  Tenaga kerja diperlukan untuk pembersihan lahan, pengisian polibek, penyemaian biji hingga pendistribusiannya. Saat ini tenaga kerja kita ada 20 orang. Tenaga kerja rata-rata berasal dari sekitar lokasi usaha.

 

Apa motivasi Anda dalam mengikuti kontes ini, dan kenapa Anda layak disebut sebagai  ikon wirausaha muda di dunia startup dari kota Anda?

Karena saya ingin mendapatkan ilmu mengenai bisnis, menambah jaringan, dan menambah pengalaman dari kontes ini.

Kenapa layak disebut Youth Startup Icon? Karena saya ingin memotivasi teman-teman yang seumuran, bahwa memulai usaha bisa dilakukan pada waktu masih kuliah, dan jangan malu untuk memulainya.

 

 

 

 

Marketeers

Editorial team of Marketeers Media Fleet (media unit of MarkPlus, Inc). Follow our Twitter @the_marketeers

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

"Pengalaman menggarap pasar nasional, menjadi bekal utama bagi kami menggarap pasar Internasional."

-Honesti Basyir, Direktur Keuangan PT Telkom Indonesia, Tbk-