This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Friday,November 28 2014

Youth StartUp Icon 2013

Mister Tako, Sulap Gurita Khas Jepang Jadi Selera Nusantara

May 23 2013 | By Jaka Perdana


Mengadopsi makanan luar dengan sensasi kuliner rasa Nusantara. Itulah yang dilakukan oleh Angga Pradika lewat barnd Mister Tako buah tangannya. Bakso goreng gurita yang berasal dari Jepang bisa ia sulap untuk masuk di lidah konsumen Indonesia. Penganan hangat lezat dan gurih ini segera menjadi favorit, yang dibuktikan dengan berbagai gerainya tidak hanya di Jawa Barat, tetapi juga di Jawa Tengah. Bagaimana kiprah Angga dan Mister Tako ini? Simak penuturannya kepada Marketeers yang merupakan bagian dari audisi Youth StartUp Icon 2013.

Bagaimana latar belakang usaha Anda serta pencapaiannya selama ini?

Mister tako merupakan usaha yang bergerak di bidang kuliner olahan gurita dan memfokuskan produknya pada bakso bakar gurita atau biasa disebut takoyaki. Produk Mister tako saat ini sedang hangat diperbincangkan dan sangat diminati anak muda, orang tua, hingga anak-anak. Mister tako kedepannya akan mengembangkan cita rasa kuliner Indonesian (konten lokal) dalam bentuk resto dengan menu sate gurita,rendang gurita dan cita rasa kulinernya Indonesia lainnya yang serba gurita. Jadi bakso bakar gurita atau takoyaki ini merupakan makanan khas Jepang yang diadopsi ke Indonesia dengan cita rasa lokal.

Proses produksinya adalah gurita yang dipanggang diatas barker dengan tepung campuran dan saos khas yang membuat rasanya sangat lezat, sehat, dan halal. Karena Indonesia terkenal keragaman kulinernya serta cita rasa yang tinggi, Mister Tako mencoba menawarkan kuliner unik dari Jepang yang disesuaikan dengan selera orang Indonesia. Terkadang masyarakat bosan dengan kuliner yang ada dan belum banyak masyarakat Indonesia yang mengenal bahkan merasakan kuliner bakso bakar gurita ini.

Pencapaian yang selama ini didapat adalah sebagai finalis Nasional Student Entrepreneur Summit 2011, finalis Nasional BII & Sindo Entrepreneur 2012, juara pertama Wirausaha Muda Mandiri 2012 Jawa Barat. Dari segi jangkauan, gerai takoyaki Mister Tako ini sudah berkembang hingga 20 gerai dan 12 gerai yang sedang berjalan di Jawa Barat dan Jawa Tengah dalam kurun waktu 2,5 tahun.

Apa yang sudah Anda lakukan untuk perekonomian lokal?

Dengan berkembangnya Mister Tako di daerah Bandung dan bahkan hingga menusantara, puluhan pekerja yang berasal dari Bandung sudah banyak ditampung. Dengan komitmen kami dalam membangun bisnis ini, Insya Allah pegawai yang sudah loyal dengan kami, akan kami kasih reward 1 gerai Mister Tako dengan sistem profit sharing untuk memajukan perekonomian mereka.

Disamping itu, seluruh royalti fee mitra 5% omzet kami sedekahkan melalui agen makelar sedekah atau dengan kami berbagi ke kaum dhuafa yang berada di Bandung berupa sembako. Mister Tako juga bekerja sama dengan nelayan gurita. Dari gurita yang tidak memiliki value harga, hasil tangkapan para nelayan tersebut kami hargai Rp60 ribu per kilogram.

Apa motivasi Anda dalam mengikuti kontes ini dan kenapa Anda layak disebut sebagai ikon wirausaha muda di dunia startup dari kota Anda?

Motivasi saya mengikuti kontes ini, agar bisa menang di tingkat nasional dan mengangkat brand value usaha saya. Dengan meningkatnya brand value Mister Tako akan mempercepat perkembangan dari bisnis yang sedang saya rintis ini, selain training pemasaran yang diberikan secara gratis untuk memotivasi saya. Kenapa saya layak disebut sebagai ikon wirausaha muda di Kota Bandung, karena saya pemuda potensial, komitmen dalam berbisnis, memiliki mental serta berjiwa sosiopreneur, terbukti di usia 20 tahun saya sudah mampu mengembangkan bisnis ini hingga 20 gerai.

Jaka Perdana

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

Be a yardstick of quality. Some people aren't used to an environment where excellence is expected.

-Steve Jobs-