This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Thursday,November 27 2014

Main Story

Indonesia’s Most Favorite Netizen Brand 2012

October 30 2012 | By
Untuk ketiga kalinya MarkPlus Insight mengeluarkan survei sindikasi mengenai pengguna internet di indonesia. Survei ini menjadi bagian dari riset rutin lembaga riset MarkPlus, Inc setiap tahun dalam menggali insight dari fenomena konsumen Youth, Women, dan Netizen (YWN). Ketiganya dipercayai sebagai kekuatan ampuh yang mendominasi dunia pemasaran di Era New Wave yang serba horisontal, inklusif, dan sosial.

Setelah di tahun sebelumnya membahas mengenai Anxieties & Desires (tahun 2010) dan Values and Lifestyle (tahun 2011),  kali ini MarkPlus Insight mensurvei pengguna Internet indonesia. Salah satu yang di-highlight adalah topik mengenai Spending Behavior mereka.

Survei lapangan ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan face-to-face interview, teknik sampling multi-stage random sampling, terhadap 2.151 responden pengguna Internet berusia15-64 tahun, SES ABC (berdasarkan pengeluaran rutin perbulan), di 11 kota urban indonesia yaitu Jakarta, Bodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar, Semarang, Medan, Denpasar, Banjarmasin, Palembang, dan Pekanbaru.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, riset ini dengan lengkap menguak angka penetrasi pengguna Internet di indonesia, angka kepemilikan gadget, gambaran profil pengguna Internet Indonesia saat ini, aspek finansial, dan perilaku mereka dalam berbelanja di dunia online, perilaku mereka di dunia online, perilaku mereka terhadap produk internet banking, media habit, hingga merek-merek yang mereka tentukan sendiri keputusan pembeliannya yang kemudian dirilis dalam tajuk “Indonesia’s Most Favorite Netizen Brand 2012”.

Ada beberapa fakta-fakta menarik yang ditemukan seputar survei ini. Misalnya, pengguna Internet Indonesia di tahun 2012 mencapai 61 Juta orang. Ada 40 persen pengguna Internet mengakses lebih dari tiga jam per hari. Pengguna Internet Indonesia didominasi oleh kalangan Kelas Menengah. Pengakses Internet lewat perangkat mobile saat ini tembus angka 58 juta jiwa. Mayoritas pengguna Internet di Indonesia adalah anak muda berusia 15-35 tahun. Mayoritas Netizen Indonesia adalah Bargain Hunter, mereka yang cenderung terorganisir dan terencana dalam mengatur pos-pos pengeluaran sebelum melakukan pembelian suatu produk maupun jasa. Dan, masih banyak temuan-temuan menarik lainnya yang dituangkan dalam Majalah Marketeers edisi November 2012.

Berikut adalah merek-merek yang menjadi pilihan favorit para Netizen di Indonesia dalam “Indonesia’s Most Favorite Brand 2012”:

writer, blogger, journalist, social media lover

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

"Kompetisi antar mal tidak lagi diartikan sebagai “saling membunuh”, tapi saling melengkapi."

-Handaka Santosa, Vice President PT Agung Podomoro Land Tbk-