This text will be replaced. Streaming solutions by Primcast - Shoutcast hosting, Flash Streaming
Marketeers, Wednesday,November 26 2014

Main Story

MarkPlus Insight: Pengguna Internet Indonesia 74 Juta di Tahun 2013

October 30 2013 | By Marketeers

Pertumbuhan pengguna Internet di Indonesia kian tak terbendung. Jumlah pengguna internet tumbuh signifikan hingga 22% dari 62 juta di tahun 2012 menjadi 74,57 juta di tahun 2013. Menurut lembaga riset MarkPlus Insight, angka jumlah pengguna Internet di Indonesia akan menembus 100 juta jiwa di tahun 2015 nanti.

Mereka yang merupakan “netizen” atau pengguna internet yang sehari-harinya menghabiskan waktu lebih dari tiga jam dalam dunia maya meningkat dari 24,2 juta di tahun 2012 menjadi 31,7 juta orang di tahun 2013.

Dalam riset tahunan terhadap Internet User di Indonesia yang dilakukan Marketeers bersama lembaga riset MarkPlus Insight terdapat sejumlah fakta dan insight menarik.

Riset sindikasi ini merupakan riset yang ke-4 kali dilakukan secara independen setiap tahun sejak tahun 2010. Tujuannya tak lain untuk meneliti online habits dan behavior, perilaku pembelian, hasrat dan kegelisahan, serta media habit para netizen di Indonesia.

Survei Netizen kali ini kembali dilakukan terhadap 2150 responden yang tinggal di 10 kota besar di Indonesia: Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Palembang, Pekanbaru, Denpasar, Banjarmasin dan Makassar. Survei ni dilakukan pada bulan Agustus – September 2013, dengan teknik Multistage Random Sampling .

Responden dalam survei ini adalah mereka yang berusia 15 – 64 tahun yang secara rutin mengakses internet sedikitnya 3 jam sehari, baik melalui smartphone, personal computer, laptop, netbook atau tablet PC. Responden adalah mereka yang berasal dari kalangan menengah ke atas dengan SEC A-C (pengeluaran pokok keluarga rutin diluar cicilan, rekreasi dan pembelian kebutuhan tersier per bulan di atas Rp. 1.000.000,-).

Survei ini dilakukan secara komprehensif melalui face-to-face interview terhadap Netizen Indonesia untuk mendapatkan informasi langsung dari sumbernya seputar anxieties dan desires mereka, dan informasi mengenai values, spending behavior, dan kebiasaan mereka di dunia maya serta perbandingan antara kebiasaan di dunia nyata dan di dunia Internet.

Tidak hanya itu, untuk mendalami temuan, dilakukan juga Focus Group Discussion terhadap peserta terpilih yang mewakili kelompok Digital Natives dan Digital Immigrant.

Ada banyak yang ditemukan dalam riset ini antara lain mengenai fenomena penetrasi Internet, gaya hidup para pengguna Internet, media habit, perilaku pembelian, serta brand favorit yang digunakan oleh pengguna Internet.

Sebagaimana yang dikatakan oleh Waizly Darwin (Chief Executive, Marketeers) bersama Levina Yulianti (Chief Operations, MarkPlus Insight), Internet saat ini sudah mulai masuk ke segala lapisan masyarakat di tanah air. 

“Tren “Internet untuk semua” ini semakin terasa saat ini. Dalam riset Netizen ini terkuak bahwa Internet di Indonesia sudah mulai dinikmati oleh kalangan tua dan muda, berduit dan berkecukupan. Hampir separuh dari netizen di Indonesia merupakan pengguna internet muda berusia di bawah 30 tahun, sedangkan 16% adalah para netizen berusia di atas 45 tahun. Bahkan, hampir 95% dari Netizen tersebut adalah pengguna internet melalui perangkat mobile (smartphone)” ujar Waizly.

Selain itu Internet juga semakin menjadi kebutuhan pokok. “Ada istilah “Makan nggak makan asal connect.” Istilah ini telah kami perkenalkan sejak pertama kali membuat studi terhadap netizen di Indonesia pada tahun 2010. Setelah empat kali menilik behavior dari para pengguna internet aktif ini, semakin terasa bahwa para netizen di Indonesia memang semakin ‘lapar’ terhadap bandwidth. Pada survei ini terlihat bahwa netizen menghabiskan uangnya sekitar Rp 50.000-Rp 100.000 untuk Internet per bulan. Bahkan terdapat 16,8% netizen yang rela mengeluarkan kocek di atas Rp 150.000 per bulan hanya untuk keperluan Internet” lanjut Waizly.

-----

Untuk lebih lanjut mengenai MarkPlus Insight Indonesia Internet Users Survey ini, Anda bisa baca di majalah Marketeers edisi November 2014. 

Anda juga dapat membeli laporan lengkap laporan sindikasi ini dengan menghubungi lewat email ke levina.yulianti@markplusinc.com atau telpon (021) 5790-2338

Marketeers

Editorial team of Marketeers Media Fleet (media unit of MarkPlus, Inc). Follow our Twitter @the_marketeers

View Profile

Multimedia

marketeers quote of the day

"Kompetisi antar mal tidak lagi diartikan sebagai “saling membunuh”, tapi saling melengkapi."

-Handaka Santosa, Vice President PT Agung Podomoro Land Tbk-